Dapatkan Info Terbaru

Mengenal tentang Pengalamatan pada IPv6

Feb, 08 2024|Aris C. Risdianto

Seperti yang telah dibahas dalam artikel tentang apa itu IPv6 dan mengapa kita harus menggunakannya sekarang, alamat IPv6 memiliki panjang alamat 128-bit, yang berarti ada 340 triliun kemungkinan alamat (angka persisnya seperti yang ditunjukkan di bawah) untuk kita gunakan.

340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.456

Sedangkan IPv4 hanya memiliki alamat sepanjang 32-bit, dimana ada sekitar 3,7 miliar kemungkinan alamat unik yang kita bisa gunakan. 

Namun besarnya jumlah alamat pada IPv6 dibanding alamat IPv4 membuat tantangan tersendiri dalam hal alokasi dan pembagian ruang alamat tersebut untuk berbagai kepentingan yang berbeda. Oleh karena itu, saat ini Internet Assigned Numbers Authority (IANA) hanya mengalokasikan sebagian kecil dari seluruh ruang IPv6 yang ada. IANA menyediakan alamat global unicast yang dimulai dengan bit paling kiri dengan awalan depan 001. Sebagian kecil alamat yang dimulai dengan bit 000 dan 111 dialokasikan sebagai tipe penggunaan khusus. Semua kemungkinan alamat sisanya akan dicadangkan untuk penggunaan di masa mendatang dan saat ini tidak akan dialokasikan.

Tipe-tipe pengalamatan pada IPv6

Alamat IPv6 adalah pengidentifikasi alamat pada lapisan jaringan berbasis OSI (open system interconnection) atau protokol Internet dengan panjang 128-bit untuk setiap antarmuka dari setiap node yang mendukung IPv6. Ada tiga jenis tipe pengalamatan utama seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:

 

Unicast - Identitas lapisan jaringan untuk sebuah antarmuka pada setiap node yang mendukung IPv6. Paket yang dikirim ke alamat unicast tersebut hanya akan dikirim ke antarmuka yang dikonfigurasi dengan alamat IPv6 tersebut. Oleh karena itu, alamat ini digunakan untuk komunikasi “satu-ke-satu”.

Multicast - Identitas lapisan jaringan untuk sekumpulan antarmuka dari beberapa node pendukung IPv6 yang berbeda-beda. Paket yang dikirim ke alamat multicast ini akan dikirimkan ke semua antarmuka yang diidentifikasi oleh alamat tersebut. Oleh karena itu alamat ini digunakan untuk komunikasi “satu-ke-banyak”.

Anycast - Identitas lapisan jaringan juga ditujukan untuk sekumpulan antarmuka dari beberapa node berkemampuan IPv6 yang berbeda-beda. Namun, paket yang dikirim ke alamat anycast akan dikirim ke antarmuka "terdekat" yang diidentifikasi sebagai node dengan alamat tersebut. "Terdekat" biasanya diartikan sebagai alamat yang memiliki metrik perutean terbaik menurut protokol perutean IPv6. Oleh karena itu komunikasi dengan alamat IPv6 ini bersifat komunikasi “satu-ke-dekat”

(Broadcast) - Dalam IPv6 tidak ada alamat yang bersifat broadcast (ke semua tujuan). Fungsi yang biasanya ada dalam alamat broadcast diimplementasikan dengan menggunakan alamat multicast.

Aggregatable Global Unicast Address

Aggregatable Global Unicast Address (atau alamat unicast global yang dapat dikumpulkan) adalah alamat IPv6 yang bisa digunakan secara global untuk perutean pada Internet seperti IPv6 publik yang ada sekarang. Saat ini, IANA mengalokasikan alamat alamat global unicast dengan alamat yang dimulai dengan nilai biner 001 (2000::/3). Struktur alamatnya terdiri dari awalan perutean global sepanjang 48-bit dan identitas subnet sepanjang 16-bit yang juga disebut sebagai SLA (Site Level Aggregator).

Struktur alamat ini memungkinkan agregasi entri dalam perutean untuk mencapai tabel perutean IPv6 global yang lebih kecil.

Link-local Address

Alamat ini menggunakan biner FE80::/10 sebagai awalan dan akan secara otomatis ditetapkan pada antarmuka yang sudah mendukung IPv6. Analoginya sama dengan alamat 169.254.0.0/16 di IPv4 ketika antarmuka jaringan gagal mendapatkan alamat baik secara manual atau yang disediakan oleh DHCP server. Sesuai dengan namanya, alamat ini tidak dapat dirutekan dan hanya valid dalam lingkup antarmuka itu sendiri. Fungsi yang penting untuk alamat ini adalah digunakan untuk proses Neighbor Discovery dan Stateless Autoconfiguration.

Unique-local Address

Alamat ini memiliki prefiks global yang unik dan mirip dengan alamat unicast global. Alamat ini memungkinkan penyaringan yang mudah dalam sebuah situs dan memastikan beberapa situs dapat terhubung tanpa ada kemungkinan konflik alamat IPv6. Alamat ini juga merupakan ruang alamat independen dari penyedia layanan Internet, jadi tidak mungkin konflik dengan alamat IPv6 yang diberikan oleh penyedia layanan Internet.

Loopback Address

Alamat loopback yang terkenal dalam IPv6 adalah ::1/128 yang merupakan kependekan dari alamat 0:0:0:0:0:0:0:1/128. Alamat ini memiliki konsep serupa dengan alamat 127.0.0.1/8 pada IPv4 atau yang sering disebut dengan “localhost”. Alamat ini biasanya digunakan untuk menguji implementasi protokol stack dari TCP/IP dalam sebuah sistem operasi karena paket akan keluar dan masuk melalui antarmuka jaringan yang sama.

Unspecified Address

Alamat ini merupakan alamat spesial dimana semua bit-nya diatur menjadi 0. Dalam IPv6 alamat ini dikenal sebagai ::/128 yang memiliki konsep serupa dengan alamat 0.0.0.0 pada IPv4. Alamat ini digunakan oleh sistem operasi apabila antarmuka tidak mendapat alamat IP dan alamat ini tidak akan diteruskan oleh perangkat seperti router.

Embedded IPv4-di-IPv6 Address

Alamat IPv6 yang 96 bit pertama di atur menjadi 0 dan hanya memberikan 32 bit untuk IPv4. Misalnya alamat IPv4 A.B.C.D (dalam digit hex) akan dikenal dalam IPv6 sebagai 0:0:0:0:0:0:A:B:C:D atau hanya ::A:B:C:D saja. Alamat IPv6 digunakan dalam konfigurasi tunnel otomatis yang mendukung IPv4 dan IPv6.

Multicast Address

Alamat IPv6 ini memiliki prefiks 8 bit yang diatur menjadi 1 semuanya, sehingga semua alamat well-known multicast dimulai dengan prefiks ff00::/12. Alamat ini memiliki fungsi yang mirip dengan alamat 224.0.0.0/24 pada IPv4. Alamat ini hanya bisa digunakan sebagai alamat destinasi, bukan sumber paket.

Multicast Solicited-Node Address

Alamat ini merupakan alamat spesial pada alamat multicast IPv6 dimana setiap alamat unicast IPv6 memiliki alamat multicast solicited-node yang sesuai karena alamat ini di generate otomatis berdasarkan alamat unicast IPv6 dari antarmuka jaringan. Struktur alamat terdiri dari prefiks tetap FF02::1:FF00:0/104 dan 24 bit terakhir dari alamat IPv6 unicast yang sesuai. Alamat grup multicast khusus ini digunakan untuk melakukan address resolution, neighbor discovery, and duplicate address detection.

Anycast Address

Alamat anycast dialokasikan dari ruang alamat IPv6 unicast, oleh karena itu alamat ini tidak dapat dibedakan dari alamat unicast global. Melakukan konfigurasi alamat unicast yang sama untuk lebih dari satu antarmuka jaringan, akan membuatnya menjadi alamat Anycast. Perangkat yang akan memiliki alamat Anycast harus harus dikonfigurasi secara eksplisit agar alamat tersebut bisa dikenali sebagai alamat untuk komunikasi satu ke banyak.

Sumber: 
https://www.networkacademy.io/ccna/ipv6/ipv6-address-types